Tugas Teori Organisasi Umum dalam komunikasi

KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN
Perusahaan merupakan suatu unit usaha yang mempunyai salah satu tujuan mendapatkan keuntungan. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu kerja sama antara pihak manajemen dan karyawan.
Karyawan merupakan tulang punggung perusahaan yang akan melakukan berbagai kegiatan dalam menjalankan perusahaan tersebut. Kegiatan tersebut diantaranya adalah kegiatan produksi. Semakin banyak pengalaman dan keterampilan yang didapat karyawan pada bagian ini, maka produk yang dihasilkan dari suatu perusahaan semakin berkualitas.
Sedangkan manajemen merupakan sekumpulan orang yang melakukan kegiatan planning, organizing, leading dan controlling. Manajemen mempunyai tanggung jawab tertinggi atas berbagai pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bidang yang dibawahi.
Dua elemen tersebut, yaitu karyawan dan manajemen merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan. Manajemen yang baik adalah yang dapat berkomunikasi dengan karyawan secara tepat. Banyak study mengenai berbagai pendekatan yang dapat dilakukan manajemen kepada karyawan, baik pendekatan formal maupun informal. Outbond atau melakukan wisata bersama merupakan salah satu cara mengetahui karakter masing-masing individu. Dengan diketahui karakter tersebut akan mempermudah manajemen dalam mendekati karyawan.
Hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen pun juga menghasilkan banyak manfaat. Ide-ide baru dari karyawan mengenai solusi dari masalah yang terjadi di perusahaan akan mudah terselesaikan. Produktivitas pun juga meningkat karena karyawan dengan suka rela memberikan tenaga dan pikiran pada perusahaan.

Apakah Efektif Komunikasi Melalui Media Elektronik?
Menurut saya komunikasi melalui media elektronik itu sangatlah efektif. Karena pada zaman seperti ini komunikasi melalui alat atau media elektronik sudah banyak yang menggunakan. Contohnya ialah Media Internet. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang” keefektifan komunikasi melalui media elektronik” dengan menggunakan Media Internet.
Internet pada umumnya banyak di gunakan oleh banyak kalangan,contoh dari anak-anak, remaja, sampai orang tua sekalipun, dan masih banyak lagi. Internet juga sangat bermanfaat untuk informasi atau pelajaran yang kita belum tau di luar sana. Pada zaman sekarang ini Media Internet banyak di salah gunakan oleh para penggunanya. Contoh dari penyalahgunaan tersebut adalah banyaknya Video yang seharusnya tidak di sebar melalui situs-situs yang seharusnya, karena akan menyebabkan dampak negatif yang akan menyerang para pemuda/penerus bangsa ini.dan masih banyak lagi sebenarya contoh penyalahgunaan dari media internet tersebut. Pada kesmpatan kali ini saya tidak aknan membahas tenteng dampak dari media internet, tetapi saya akan membahas tentang “keefektifan dari komunikasi melalui media elektronik di dalam perusahaan”.
Pada umumnya perusahaan-perusahaan besar maupun kecil di dunia ini pasti sangat mengedepankan komunikasi,karena komunikasi sangat berperan penting dalam berjalannya system di perusahaan tersebut. Ada bermacam-macam jenis komunikasi di berbagai perusahaan yang ada, 1 di antaranya adalah Media Komunikasi Elektronik, yaitu lewat Media Internet.
Media Internet sangat membantu dalam berkomunikasi pada perusahaan. Karena pada media elektronik tersebut, atau media internet banyak sekali sarana untuk berkomunikasi. Contohnya adalah E-mail,Blog dan masih banyak lagi. Contoh-contoh tersebut ialah suatu sarana yang banyak di gunakan pada perusahaan-perusahaan yang ada.

1. E-mail
Yaitu Singkatan dari ELECTRONIC MAIL. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
Sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: rian@yahoo.com
E-mail biasanya banyak di gunakan perusahaan untuk mengirim sebuah data-data atau arsip penting, yang tidak sempat di kirim atau harus bertatap langsung untuk memberikan suatu adat atau arsip tersebut. Maka banyak perusahaan yang menggunakan sarana e-mail ini untuk mengirim dan menerima banyak data, saran, atau kritik untuk perusahaan tersebut. Sebenarnya masih banyak sarana e-mail tersebut untuk di gunakan, di antaranya adalah kita bisa chat atau berkomunikasi secara langsung tetapi tidak bertatap muka.
2. Blog
Dengan puluhan juta hingga milyaran blog online pada tahun-tahun mendatang, perusahaan-perusahaan skala besar, menengah maupun kecil sudah mulai mengenali nilai manfaat bagi sebuah perusahaan untuk ngeblog yaitu untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, ngeblog bagi perusahaan atau corporate blogging jauh berbeda dari ngeblog yang lebih tradisional seperti yang kebanyakan dari kita menghadapi setiap hari. Corporate blogging atau perusahaan ngeblog adalah sesuatu yang sangat unik dan membawa serangkaian tantangan dan peluang yang harus dipertimbangkan dan diatasi oleh perusahaan agar para penggunanya tetap memiliki pengalaman yang positif.
Tujuan Corporate Blogging atau Perusahaan Ngeblog
Mungkin alasan yang paling signifikan bagi perusahaan untuk mengelola blog adalah manfaat yang dapat diambil. Dengan semakin banyaknya penduduk Indonesia yang menggunakan Internet untuk meneliti dan membeli produk dan jasa, perusahaan seringkali dapat memanfaatkan blog sebagai sarana untuk memiliki lebih banyak jalur komunikasi langsung dengan pelanggan dan pelanggan potensial.
1. Komunikasi interaktif dengan pelanggan dan masyarakat luas
Sementara situs web pada umumnya dapat memberikan banyak kesempatan bagi perusahaan untuk berkomunikasi, blog dapat menghilangkan hambatan formal, emosional dan memungkinkan perusahaan lebih eksekutif atau karyawan untuk berkomunikasi secara langsung dan interaktif dengan siapapun yang mengunjungi blog perusahaan tersebut. Mereka yang membaca blog perusahaan akan merasakan pesan yang jauh lebih pribadi dalam apa yang umumnya terdapat pada situs web resmi perusahaan dan pada lingkungan yang lebih santai daripada jalur komunikasi perusahaan yang lain.
Perusahaan yang menempatkan prioritas pada berkomunikasi dengan pelanggan melalui sebuah blog atau corporate blogging menampilkan keterbukaan dan memiliki tanggung jawab tertentu yang menghargai konsumen (know its consumer value). Sebuah blog perusahaan yang baik adalah yang mampu membawa perusahaan bersama pelanggan melalui keterbukaan untuk berbagi ide-ide, isu, pengumuman, acara dan umpan balik interaktif terhadap produk perusahaan tersebut.
2. Tanggung jawab perusahaan
Dalam beberapa kasus, corporate blogging atau perusahaan ngeblog tidak digunakan untuk secara langsung mempromosikan produk dan jasa perusahaan, melainkan untuk menunjukkan cara-cara di mana perusahaan memberikan kembali kepada masyarakat atau untuk menunjukkan bahwa perusahaan telah menjalankan bisnis secara bertanggung jawab. secara efektif dengan menggunakan blog untuk melakukan hal itu.
Tanggung jawab perusahaan juga dapat dibuktikan dengan menggunakan blog sebagai medium untuk meningkatkan produk dan layanan dan membantu pelanggan mendapatkan nilai lebih dari mereka. Sebuah perusahaan yang benar-benar mempromosikan membuka komunikasi dua arah melalui blog ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan berkomitmen untuk melakukan segalanya upaya dalam kekuasaannya untuk menyediakan produk yang berkualitas dan terbaik bagi pelanggan dan konsumennya.
3. Reputasi manajemen
Masalah manajemen reputasi terus tumbuh dan semakin penting untuk perusahaan, baik besar maupun kecil. Dengan teknologi yang tersedia, blog menyediakan bagi perusahaan suatu cara untuk mencegah masalah sebelum terjadi atau membantu memperbaiki situasi ketika itu sudah terlambat untuk pencegahan.
Karena tingkat komunikasi yang dapat terjadi pada blog perusahaan atau corporate blogging, perusahaan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap pesan yang diterima publik tentang perusahaan serta mengadopsi strategi komunikasi terbuka yang mengembangkan kepercayaan dari konsumen dan pelanggan.
4. Promosi produk dan jasa
Dalam beberapa kasus, tujuan utama atau tujuan dari sebuah perusahaan ngeblog atau corporate blogging ini adalah untuk secara langsung menjual lebih banyak produk. Dalam kebanyakan kasus, blog dipandang lebih sebagai media yang secara tidak langsung dapat membantu perusahaan untuk mencapai lebih banyak penjualan, tapi promosi langsung jarang menjadi prioritas. Namun, beberapa perusahaan mampu menemukan cara-cara kreatif untuk mempromosikan produk mereka sendiri melalui blog perusahaan.
Dalam beberapa contoh perusahaan menggunakan blog mereka untuk memberikan informasi atau pengumuman tentang produk atau promosi, yang tentu saja dapat dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan penjualan. Beberapa blog perusahaan juga menyediakan pembaca konten yang menunjukkan cara-cara baru untuk menggunakan produk atau menjelaskan fitur yang mungkin tidak dikenal atau dipahami sebelumnya. Dalam situasi lain, produk bahkan tidak disebutkan di banyak posting blog tetapi kemungkinan besar terkait dengan wilayah di beberapa blog, sering sidebar ataupun animasi-animasi yang terdapat dalam header atau footer.
5. Sebagai sarana bagi eksekutif dan/atau karyawan untuk berkomunikasi secara terbuka
Salah satu keuntungan nyata dari sebuah blog perusahaan versus situs perusahaan tradisional adalah bersifat pribadi, dimana penulis dan pembaca dapat berkomunikasi dan berinteraksi serta membangun hubungan yang lebih akrab. Bahkan pembaca yang tidak berpartisipasi dalam komentar mungkin memperhatikan bahwa Posting ini ditulis oleh seorang individu atau seorang pribadi yang sama-sama memiliki perasaan dan bukan obyek semata.
Meskipun Blog perusahaan tidak dapat menggantikan sebuah situs web tradisional perusahaan. Blogger dapat menikmati pikiran dan berbagi informasi dengan para pembaca, dan pembaca dapat berhubungan dengan penulis konten secara akrab. Sebuah blog perusahaan atau blog korporat dapat menambahkan kepribadian pada perusahaan yang cendrung dingin di mata pembaca, dan karyawan dapat memperoleh manfaat dengan mampu mengekspresikan diri dan berbagi dengan pembaca.

Dampak dari Komunikasi Melalui Media Elektronik
Dampak dari Komunikasi Melalui Media Elektronik sangat berpengaruh dalam kegiatan-kegiatan dalam perusahaan. Contoh pada media HP atau yang biasa di sebut HandPhone sangat berguna dan membantu untuk proses berkomunikasi, karena alat komunikasi tersebut dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sahabat kita maupun rekan kerja atau rekan sejawat di manapun mereka berada. Dengan bantuan alat komunikasi tersebut kita dapat melewati batas ruang, jarak serta waktu yang selama ini membatasi ruang gerak kita.
Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya. Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi seperti komputer atau internet, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya. Teknologi semacam internet pun tidak terlepas dari perangkat teknologi yang disebut komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan yang diberikan internet dalam sistem komunikasi kita membuat internet sering digunakan dan sudah menyebar seperti virus. Hari ini jarang sekali orang yang tidak tahu atau tidak pernah melakukan komunikasi lewat internet baik melalui ¬e-mail, chatting ataupun teleconference. Penyebaran penggunaan internet dalam berkomunikasi mencuri perhatian masyarakat umum dan para pakar komunikasi. Mereka pun meneliti bagaimana dampak dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh media baru tersebut. Bukan hanya saat ini saja, namun dampak sosial dari internet memang sudah menjadi wacana sejak pertama kali munculnya teknologi ini dan menjadi buah bibir sepanjang waktu. Beberapa dampak sosial yang terkuak dari berbagai penelitian belakangan memang sejalan dengan prediksi sebelumnya walaupun ada beberapa yang tidak. Dampak sosial dari internet diantaranya adalah munculnya perilaku antisosial (antisocial behaviour), sindrom kecemasan terhadap komputer (computer anxiety) dan ketergantungan (addiction).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: