Profile diri “Semua Indah Pada Waktunya”

SEMUA INDAH PADA WAKTUNYA

 

Prok..prok…hufh..hufh…huft…(berlari terus mengejar bis kota) hari ini saya hampir saja ketinggalan bis kota yang akan menuju ke luar terminal Pulo Gadung. Tek..tek..tek.. tek.. ayo neng barat barat, jonggol itulah suara sang kondektur memanggil saya untuk naik ke bis kota. Tempat sudah penuh tidak ada lagi kursi untuk saya duduk. Akhirnya saya pun berdiri. semakin lama bis kota semakin penuh dan sesak.inilah yang hampir setiap hari saya alami.

Setibanya di Mal Metropolitan, saya turun kembali melanjutkan naik angkutan umum untuk sampai dikampus Universitas Gunadarma. Tulisan dan lambang kampus terpampang jelas didinding kampus yang sangat tinggi. Saya masuk menuju ke kelas. Ya, saya kuliah disini, menimba ilmu untuk masa depan. Awalnya saya tidak mengerti mengapa saya kuliah disini. Saya disini sudah masuk tahun yang ketiga. Dulu saya ingin sekali menjadi seorang guru matematika sejak SD saya sangat senang dengan pelajaran itu. Keinginan saya ingin menjadi seorang guru karena saya terinspirasi oleh ibu saya.

Mama saya adalah seorang guru sejarah di salah satu SMP Negeri di Jakarta dan Papa saya seorang karyawan swasta di salah satu perusahaan sawasta di Jakarta. Kedua orang tua saya berasal dari Suku Batak Provinsi Sumatera Utara. Setelah kurang lebih 2 tahun lamanya mereka menikah dan merantau di Jakarta. Hari Selasa tepatnya tanggal 8 Agustus 1989 lahirlah seorang bayi munggil yang beratnya sekitar 4,5 kg. Bayi itu diberi nama Louise Ester Geovanni Simanjuntak. Bila melihat dari nama saya Louise mempunyai arti Pahlawan, Ester adalah seorang Ratu didalam Alkitab, Geovanni diberi nama karna Papa saya bermimpi batu Giok karena Geo artinya batu¸ dan Simanjuntak adalah Marga dari keluarga saya. Dengan melihat dari keseluruhan nama saya yang mempunyai arti Seorang Ratu yang Menjadi Pahlawan dan mempunyai watak yang keras seperti batu.

Saya pun bertumbuh semakin besar hingga orang tua saya memberikan saya seorang adik laki-laki. Sehingga kami berdua dapat tumbuh besar bersama-sama. Saya sangat sedih ketika saya kelas 4 SD saya kehilangan ibu saya. Ibu saya meninggal dunia karna sakit kanker lambung. Ini merupakan pengalaman yang buruk bagi hidup saya karna ditinggalkan oleh ibu saya. Semasa saya SD saya sering berpindah-pindah sekolah bukan karena saya adalah anak yang nakal namun dikarenakan saya harus mengikuti orang tua berpindah tugas. Meskipun demikian, dimana pun saya harus bersekolah saya tetap bisa menjaga prestasi untuk menjadi yang terbaik disekolah. Nilai-nilai yang juga cukup memuaskan untuk saya bisa mendaftar di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Bekasi. Ditingkat SLTP saya mendapat beasiswa uang sekolah karena menjadi juara dikelas.

Setelah menyelesaikan pendidikan saya dibangku SLTP saya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tingkat SMA. Saya masuk SMA Favorit di Bekasi. Semasa di SMA saya aktif di OSIS sebagai Ketua Bidang Kesenian Teater, Organisasi Rohani Kristen sebagai Sekretaris, dan Ekskul Seni Teater “KIPAS”. Semasa di sekolah dulu saya dan tim teater sekolah, pernah memenangkan Juara I lomba teater tingkat SMA Se-Kota Bekasi. Semasa saya duduk dibangku SMA saya memilki prestasi yang baik.

Sudah 3 tahun lama saya menyelesaikan sekolah saya di SMA. Kemudian saya melanjutkan sekolah di tingkat jenjang yang lebih tinggi. Salah satunya saya mencoba mengikuti ujian di sekolah Siemens di daerah Cilegon. Ini merupakan pengalaman yang paling berkesan buat saya. Tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 2006 saya mengikuti tes wawancara karna saya sehari sebelumnya telas lolos tes seleksi psikotes. Pada siang hari kami berkumpul karna jam istrahat, saya berkumpul dengan semua teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti tes di Siemens. Kami mau istirahat makan siang tetapi kantinnya jauh dari daerah kawasan industri Krakatau Steel Cilegon.

Tiba – tiba salah satu dari kami seorang laki-laki bernama Dani dipanggil ibunya dari kejauhan. Dan saya pun berkata : huhh…anak mami dipanggil tuh…(mengejeki teman saya itu). Tidak lama Dani pun kembali dengan membawa bungkusan makanan. Saya berkata : ”Dan, bawa apa tuh? kok kamu cuma bawa satu padahal teman-teman kita disini banyak”. Dani sambil berjalan ke arah kami. ”ini buat teman kita yang hari ini ulang tahun”. Sentak teman-teman yang lain bertanya-tanya. ”Dan, memang siapa yang ulang tahun hari ini??” kata Parto yang berasal dari Jogja. Kemudian Dani menjawab : ”Ini buat disebelah saya, Louise dia hari ini ulang tahun yang ke-17 tahun. Tersentak saya terkejut pada saat itu bagaimana dia bisa tahu bahwa saya hari ini ulang tahun. Semua secara bersama-sama menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan menyalakan lilin ulang tahun. Begitu bahagianya hati saya mendapat kejutan dari teman-teman yang baru saya kenal pada hari itu. Belum pernah sebelumnya dalam sejarahnya orang lain pernah mengalami seberuntung saya. Memang benar ulang tahun yang ke-17 pasti mempunyai pengalaman yang berbeda dengan ulang tahun diusia yang lain didalam masing-masing pribadi orang. Tapi didalam benak saya, saya masih bertanya-tanya dari mana Dani tahu kalau hari ini saya ulang tahun. Kemudian saya tanyakan kepada Dani. Dani pun menjelaskan : ”Kemarin pada saat melihat pengumuman hasil test psikotest, ada data- data peserta yang berhasil lulus test, selain ada nama terdapat juga tanggal lahir, aku melihat bersama ibuku, ibuku bilang tanggal 8 Agustus ada teman kamu yang ulang tahun, Setibanya di hotel tempat kami menginap, ibu membelikan kue tart untuk ulang tahun kamu hari ini. Mendengar hal itu, saya bekata : Dani, terima kasih banyak ya buat hari ini, titip salam juga buat ibumu terima kasih atas kuenya. Ternyata masih ada juga orang lain yang peduli sama kita walaupun kita belum mengenal secara dekat.

Kenangan indah diusia saya ke-17 itu terakhir saya bertemu dengan teman-teman, karena Dewi Fortuna tidak berpihak kepada saya. Saya tidak diterima di Siemens. Memang hal itu cukup menyedihkan buat saya. Namun itu bukan hal itu tidak mematahkan semangat semangat saya untuk lebih maju. Seminggu kemudian saya mendapatkan pekerjaan di PT. Indomarco Prismatama sebagai kasir. Saya bekerja sebagai kasir selama 6 bulan. Sambil melamar ditempat lain juga selama bekerja disana. Tidak lama kemudian saya mendapat panggilan bekerja di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai petugas pengumpul tol. Setelah kurang lebih satu tahun lamanya saya bekerja di PT. Jasa Marga saya bertekad untuk kuliah sambil kerja dan akhirnya saya diterima di Universitas Gunadarma pada tahun 2008. Saya mengambil jurusan Sistem Informasi S1. Walaupun bertentangan sekali dengan cita-cita awal saya yaitu sebagi guru, namun saya tetap menjalankan dengan sangat senang.

Setelah kurang lebih 28 bulan saya bekerja saya habis kontrak karna di perusahaan tersebut untuk sekarang ini masih mengunakan sistem outsourcing (karyawan kontrak). Keesokan harinya, setelah saya keluar saya melamar di perusahaan swasta lain yang bergerakdi distributor alat kesehatan dan alat laboratorium. Sebagai administrasi dalam pembuatandokumen tender untuk pengadaan penyedia barang di Instansi-instansi pemerintah seperti Kementerian Kesehatan, Sekretariat Menteri Sekretaris Negara, Badan Pengawas obat dan Makanan, Badan Narkotika Nasional, RS. Fatmawati, RS. Persahabatan dan banyak instansi pemerintah lainnya.

Menurut saya pandangan hidup bagi saya adalah bagaimana kita harus terus mempunyai tekad dan semangat untuk menantang masa depan yang lebih baik. Semua yang kita lakukan dengan baik akan menuai yang baik juga. Seperti yangtertulis didalam Alkitab : ” Apa yang kamu tanam itulah yang kamu tuai”. Karena suatu saat nanti saya yakin bahwa Tuhan mempunyai rencana indah buat saya. Tuhan Memberkati kita semua.

Leave a Reply

